Karir Dan Networking

“Bukan siapa yang kita kenal, tapi apa yang kita ketahui bisa membantu dalam mengembangkan karir dimasa depan”. Sepenggal kalimat ini akan terasa bagi kita yang mengerti tentang karir marketing dan networking. Sudah bukan menjadi rahasia lagi ketika mendapatkan pekerjaan melalui rekomendasi insider didalam perusahaan, terlebih yang merekomendasikan memiliki posisi dan jabatan yang dihormati. Masih banyak lowongan karir dengan memanfaatkan networking atau sering disebut Hidden Job Market.

Networking dalam karir adalah gambaran yang membiarkan orang lain mengenali kita sebagai orang yang komit dan memiliki minat dibidang tersebut, berinisiatif, mengerti apa yang harus dilakukan, dan merupakan orang yang mau bekerjasama dengan orang lain. Dengan networking berarti kita berusaha untuk menambah jumlah daftar nama kenalan yang ditemui dengan berbagai cara (baik secara sosialisasi maupun pertemuan bisnis), dan bagaimana memanfaatkan mereka demi keuntungan yang saat itu kita membutuhkan pekerjaan baru ataupun karir. read more


Memperluas Networking
Perlu digaris bawahi bahwa network sosial sama pentingnya dengan network profesional, kita tidak akan pernah tahu dari mana kesempatan karir itu datang. Buka sebanyak mungkin dengan kesempatan yang ada dengan cara menyiapkan kartu nama. Ketika orang lain menerima kartu nama maka saat itulah orang lain akan mengingat identitas kita, komunikasi yang menarik bisa dilakukan dikemudian hari. Cobalah bergabung dengan organisasi professional dan organisasi lainnya, baik melalui seminar dan acara sosial sepanjang tahun. Sangat penting menindak lanjuti seseorang yang ingin dihubungi masih dalam keadaan segar ingatannya, bisa saja dalam pembicaraan tersebut terucap nama lain yang bisa merekomendasikan karir baru.
Mengembangkan tujuan yang specifik, terukur, berorientasi pada aksi, realistic dan terikat waktu (specific, measurable, action oriented, realistic, time bound). Perencanaan ini nantinya dapat mengembangkan strategi secara rinci bagaimana mencapai tujuan. Lakukan riset yang diterapkan pada berbagai jenis networking dan organisasi, cari tahu yang terbaik, teliti kontak yang dimiliki dengan menanyakan dirinya agar kita tahu dengan siapa kita berhadapan. Promosikan diri secara efektif dengan memahami yang kita miliki dan belajar bagaimana cara mengekspresikannya. Jelaskan maksud kita dalam berkomunikasi dengan bahasa yang ringkas, terus terang dan terbuka. Tapi jangan sampai melupakan sisi lain yaitu ‘mendengarkan’. Tuliskan apa saja yang bisa membantu dalam mengingat siapa orang tersebut dibalik kartu namanya.
Kesalahan Dalam Melakukan Networking
Setelah kita mengerti pentingnya networking dalam mengembangkan karir, maka selayaknya kita juga mengetahui  kesalahan yang bisa membunuh kemampuan networking tersebut.
  • Tidak pernah mempersiapkan diri ketika sedang berada di keramaian yang bisa melebarkan networking.
  • Membawa surat lamaran ketika berada diberbagai acara, tentunya orang lain akan menganggap kita sebagai orang yang putus asa dengan membawa berkas lamaran sambil berusaha memulai percakapan.
  • Tidak mempersiapkan diri dalam melatih kalimat perkenalan atau pembuka perbincangan yang bisa menunjukkan kemampuan kita.
  • Sama sekali tidak memberikan kontribusi apapun dalam acara yang dihadiri (cari tahu apa yang bisa kita kontribusikan untuk memecahkan masalah tersebut).
  • Lebih fokus pada diri sendiri (ingat, orang lain lebih suka melakukan hubungan bisnis dengan orang yang mereka anggap ‘friendly ’).
  • Yang terakhir dan sangat egois, ‘Tidak memberikan ucapan terima kasih’.
sumber: kaget.net

posted under |

1 komentar:

Unknown mengatakan...

okedeh, terimakasih gus

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda