Mendiagnosa / Scan PC dengan Antivirus Online


Semula semuanya normal. Namun tiba-tiba netbook Anda terasa lebih lambat dan terkadang ngadat. Wah, ada apa, nih? Jangan-jangan ada virusnya? Celakanya, di komputer tidak terpasang program antivirus. Jangan panik. Seperti kata dokter, lakukan dulu diagnosa. Jika ternyata penyakit yang menghinggap di “badan” sistem sudah ditemukan, barulah cari obat penyembuhnya. Nah, untuk melakukan diagnosa awal ini, Anda dapat memanfaatkan beragam layanan online virus scanner. Layanan pendeteksi virus ini dapat dilakukan secara online melalui browser. Pilihannya pun banyak, dan ratarata berstatus gratisan. Umumnya, para pembuat program antivirus menyediakan fasilitas ini di situs Web resminya. Untuk menggunakannya dengan lancar, pastikan koneksi Internet yang kamu gunakan mulus tanpa hambatan. Ada dua jenis online virus scanner yang ada sekarang, yaitu “Online PC Scanner” yang akan mendeteksi isi dan data dalam sistem Anda secara keseluruhan via online, dan “Online Individual File Scanners” yang akan memindai file yang telah Anda tentukan dan meng-upload ke layanan pendeteksi malware tersebut. read more

Memanfaatkan Dokter Online

Jika kamu hendak mendeteksi keseluruhan sistem, maka “Online PC Scanner” layak dijajal. Sedangkan bila hanya ingin mendeteksi sebuah file yang mencurigakan, gunakan “Online Individual File Scanners”. Umumnya, layanan ini hanya berfungsi untuk mendiagnosa, bukan membuang malware yang sudah menghinggap. Tapi ada juga layanan yang bisa sekaligus membuangnya. Salah satu layanan yang cukup jitu mendeteksi keberadaan malware di komputer adalah antivirus online Panda ActiveScan. Layanan online virus scanner biasanya meminta Anda untuk menginstal plugin khusus ke browser dan sistem, namun ada juga yang tidak. Nah, Panda ActiveScan adalah salah satu yang meminta kamu untuk menginstal plugin. Meski berbasis Web, Panda ActiveScan menyediakan fasilitas untuk menentukan area pindai di sistem. Selain itu, ia juga mampu mengkategorikan apakah virus yang terdeteksi berbahaya atau tidak.
     
Cara Penggunaan:


  1. Jalankan browser dan buka alamat Panda Security (Klik disini). Untuk mendiagnosa secarao nline, klik tombol [Scan your PC now]. Klik tombol hijau bertuliskan [Scan Now] di halaman berikutnya.
  2. Layanan akan menotifikasi bahwa Anda harusmenginstal plugin tambahan untuk browser. Klik pada notifikasi, lalu klik[Install ThisAdd-on...].Layanan ini akanmen-downloadkan plugin ke PC secara otomatis. Tunggu hingga tuntas.
  3. Selanjutnya, jendela “Welcome ActiveScan 2.0” akan muncul kembali. Jika ingin mendeteksi virus di seluruh sistem, pilih [Full scan]lalu klik [Scan now]. Namun, jika ingin menentukan area yang dipindai, klik [Other scans] lalu pilih satu dari tiga opsi yang ada: Scan MyDocuments, Mail scan, dan OtherScans.

  4. Layanan ini akan melakukan scanning dengan munculnya jendela“Scanning”. Durasi pindai tergantungd ari kapasitas harddisk PC kamu. Setelah selesai dan terdeteksi adanya malware di sistem, layanan akan mendata dan memberitahukannya.Jika info infeksi malware ingin disimpan dalam bentuk dokumen .txt,klik link pada “Export to”. Panda ActiveScan tidak membuangatau menghilangkan virus yang dideteksi, lho. Anda hanya diberi link atau lokasi di mana virus dan malwareitu berada di sistem. Untuk membuangnya, Anda membutuhkan antivirus atau aplikasi threat removal khusus, tergantung dari malware yang ditemukan.Seperti yang dikatakan di awal, online virus scanner hanya bersifat mendeteksi dan memberikan opini kedua jika antivirus yang kamu gunakan tidak berhasil menemukan malware.



7 komentar:

Unknown mengatakan...

8 okt, jek ribet juga...he..

Thanks For Share mengatakan...

Weleh njaluk seng piye terusan????

Unknown mengatakan...

9 okt, jalok seng jelas wae,,, he..

the everlasting mengatakan...

kalo gk bisa net piye..?

Unknown mengatakan...

10 okt, hmm.... gak bisa ya belajar

the everlasting mengatakan...

maksute galo gk konek/ alias gk ada jaringan gmana...? gk bisa dong.

Thanks For Share mengatakan...

@ mas basuki:He he he ya mesti harus terhubung ke Internet mas.
@mas badar : Tapi rata-rata yang OL identifikasi virus/program jahatnya lebih akurat, maren aku coba scan pakek Anti Virus yang ada di komputer dan udah terupdate tak msalah tuh komputer, begitu aku scan pakek yg OL terdeteksi beberapa file yg udah terinfeksi, dan jenis virusnya emang yang High (Ramnit) belum ada antivirus yang bisa ngilangin tuh virus. 500 Jempol buat pencipta virus Ramnit..^__^

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda